Bertengkar Itu Sehat


Apakah Anda sering menghindari pertengkaran di tengah argumentasi sengit?
Jum'at, 20 Agustus 2010, 07:11 WIB
Pipiet Tri Noorastuti, Mutia Nugraheni

VIVAnews - Jangan menghindar jika berada dalam sebuah situasi yang  mengharuskan Anda beradu argumen. Siapa sangka, adu argumen memiliki dampak positif bagi kesehatan.

Hasil penelitian tim Institute for Social Research University of Michigan, Amerika Serikat, mengungkap, ketika seseorang menghindar dari ketegangan cenderung berdampak buruk pada kesehatannya.

Menghindari adu argumen dikaitkan dengan masalah kesehatan fisik, juga perkembangan hormon kortisol pemicu stres yang abnormal sepanjang hari. Untuk itu jangan segan untuk beradu argumen termasuk dengan pasangan.

"Hubungan memiliki pengaruh penting terkait apa yang kita rasakan sehari-hari, terutama dalam menyelesaikan masalah," kata salah satu peneliti, Kira Birditt, seperti dikutip dari MSNBC.

Penelitian sebelumnya menemukan bahwa pasangan menikah yang menghindari adu argumen, meninggal lebih cepat dibandingkan dengan pasangan yang sering beradu argumen.

Studi lain menemukan, mengekspresikan kemarahan memberikan kontribusi pada kemampuan mengontrol dan optimisme yang tidak dimiliki mereka yang penakut. Peneilitian ini dipresentasikan 12 Agustus lalu di 'Annual Convention of the American Psychological Association' ke-11.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar