Squid dan IPtables


Squid
Squid adalah sebuah daemon yang digunakan sebagai proxy server dan web chace, squid memiliki banyak jenis penggunaan, mulai dari mempercepat server web denan melakukan caching perimintaan yang berulang-ulang, caching DNS, caching situs web dan caching pencarian komputer di dalam jaringan untuk sekelompok komputer yang menggunakan sumber daya jaringan yang sama, hingga membantu keamanan dengan cara penyaringan atau filterisasi lalulintas jaringan.


Meskipun seringnya digunakan untuk protokol HTTP dan FTP, squid juga menawarkan dukungan terbatas untuk beberapa protokol lainnya termasuk jenis transport layer security (TLS), secure socket layers (SSL), internet gophers, dan HTTPS. 

Versi squid 3.1 mencakup dukungan protokol IPv6 dan Internet Content Adaption Protocol (ICAP).
Squid pada awalnya dikembangkan oleh Duane Wessels sebagai Harvest object cache, yang merupakan bagian dari proyek Harvest yang di kembangkan di University of Colorado at Boulder.

Pekerjaan selanjutnya dilakukan hingga selesai di University of California, San Diego dan didanai melalui National Science Foundation. Squid kini hampir secara eksklusif dikembangkan dengan cara usaha sukarela.
Squid umumnya didesain untuk berjalan diatas sistem operasi mirip UNIX, meski squid juga bisa berjalan diatas sistem operasi Windows, karena dirilis dibawah lisensi GNU (General Public License) maka squid merupakan perangkat lunak bebas.

Iptables
Iptables adalah suatu tools atau alat dalam sistem operasi linux yang berfungsi sebagai alat untuk melakukan filterisasi atau penyaringan terhadap lalulintas data, secara sederhana digambarkan sebagai pengatur lalulintas data.
Dengan iptables inilah seluruh lalulintas dalam komputer dapat diatur, baik yang masuk kekomputer, keluar dari komputer ataupun lalulintas yang sekedar melewati komputer yang kita miliki, bagaimana perintahnya? perintah nya adalah sebagai berikut :
iptables[-tables][option][rule][target]

contohnya :
iptables-P FORWARD ACCEPT


Apa saja yang bisa dilakukan iptables?
Dengan kemampuan tools iptables ini, kita dapat melakukan banyak hal, yang penting adalah bahwa dengan iptables kita dapat membuat aturan (rule), untuk arus lalulintas data, aturan-aturan tersebut dapat mencakup banyak hal, seperti besar data yang boleh lewat, jenis paket/datagram yang dapat di terima, mengatur trafic berdasarkan asal dan tujuan data, forwarding, NAT, Riderecting, Pengolahan port, dan firewall.






  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar