Wireless Access Point



Wireless access point adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menyambungkan alat-alat wireless ke sebuah jaringan berkabel atau wired network menggunakan WIFI, Bluetooth dan sejenisnya.


Wireless access point digunakan untuk membuat jaringan WLAN yang merupakan singkatan dari Wireless Local Area Network ataupun untuk memperbesar cakupan jaringan wifi yang sudah ada dengan menggunakan mode Bridge.


Access Point merupakan titik pusat jaringan wireless, alat ini memancarkan frekuensi radio untuk mengirimkan dan menerima data.


Dalam jaringan LAN atau yang umumnya menggunakan Ethernet, dikenal dua jenis kabel jaringan yaitu STRAIGHT dan CROSS, dimana keduanya memiliki fungsi konektifitas yang berbeda dalam jaringan.

Kabel STRAIGHT umumnya di gunakan untuk menghubungkan koneksi dari port pada switch atau Hub, sedangkan kabel CROSS biasa di gunakan untuk koneksi point to point antar dua komputer yang di hubungkan lewat ethernet card.

Untuk membedakan kedua jenis kabel tersebut cukup dengan melihat susunan warna pin pada konektor RG-45 yang terdiri dari 8 warna yang berbeda.

Berikut adalah susunan warna pin yang paling umum di gunakan untuk terminasi kabel straight dan cross dengan standar internasional:

Delapan warna yang biasa di gunakan adalah 

- Orange (O)
- Putih Orange (PO)
- Biru (B)
- Putih Biru (PB)
- Hijau (H)
- Putih Hijau (PH)
- Coklat (C)
- Putih Coklat (PC)

Untuk beberapa kabel kualitas tertentu biasanya hanya menggunakan single color untuk kesemua pin, maka kita harus ekstra hati-hati dalam melakukan pembuatan terminasi untuk kabel jenis ini.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar